Pakkuru Sumange’: Musik, Tari, dan Politik Kebudayaan Sulawesi Selatan

Identitas dalam Kekuasaan
Februari 9, 2018
Narasi Islam dan Otoritas di Asia Tenggara: Abad ke-16 Hingga Abad ke-21
Februari 9, 2018

R. Anderson Sutton

15 x 21 cm, 338 hlm + xx

Cetakan pertama, September 2013

ISBN: 978-602-19636-6-1

 

Pakkurru Sumange’ melacak sejarah seni pertunjukan Sulawesi Selatan mulai 1940-an hingga tahun-tahun menjelang pergantian milenium, sekaligus menceritakan pada kita bagaimana tradisi musik dan tari itu berkembang dari praktik-praktik ritual masa lampau sampai menjadi acuan dalam seni avant garde.

Sang penulis, Anderson Sutton, pun menuntun pembaca menuju sebuah kaleidoskop sejumlah acara pertunjukan di Sulawesi Selatan, menelusuri kedalaman bunyi-bunyian, struktur-struktur, dan kekuatan simbolik dari sinri/ik (lagu dan syair epos berbahasa Makassar), lagu-lagu liris yang diiringi kacaping, dan permainan gendang, sekaligus melacak perkembangan musik pop kawasan ini.

“Tak ada yang scbanding dengan buku ini. bukan hanya karena subjeknya, namun juga cara penulis mendekatinya… Setiap ahli Indonesia harus punya buku ini dan bukan hanya bagi mereka yang tertarik pada budaya musik atau pertunjukan. Buku ini memuat beberapa soal penting mengenai ketegangan-ketegangan yang mendasari Indonesia kontemporer.”

■    Benjamin Brinner, ProfesorEtnomusikologi. University of California, Barkeley “Sebuah buku yang luar biasa….penulisnya menebar cakupan yang luas demi memberi pembaca pemahaman kuat mengenai berderet genre musik. konteks pertunjukan dan para seniman. Pemahaman Sutton mengenai sistem kesenian dan pendidikan di Indonesia tak ada bandingannya dalam kajian Indonesia.”

■    Andrew N Weintraub. Profesor Musik, University of Pittsburgh, penulis Dangdut: Musik. Identitas. dun Budaya Indonesia “Salah satu buku perintis di bidangnya. Ia menelusuri tradisi di luar arus utama musik Indonesia (Jawa Bali)…. Sutton jelas tengah merintis bidang kajian baru.”

■    Sean Williams, Profesor Musik, Evergreen State College, penulis buku ”TheSound of the A ncestral Ship: Highland Music of West Java ‘

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *