Rekonstruksi Ilmu dan Pendidikan Sekuler: Sebuah Pendekatan Quran, Bistoris dan Filosofis

Perkawinan Bugis
Februari 9, 2018
Kuasa Berkat dari Belantara dan Langit: Struktur dan Transformasi Agama Orang Toraja di Mamasa Sulawesi Barat
Februari 9, 2018

Abdul Aziz Tera

ISBN: 123-4567-890029-3-3

Buku ini memuat kritikan terhadap pendidikan yang sekuler. Pendidikan sekulerisme yang berkembang di lndonesia dipandang sebagai sumber maraknya praktik korupsi, dan nepotisme. Pendidikan sekuler juga gagal membentuk pemimpin yang berkarakter sera intelektual yang punya moralitas dan integritas yang kuat. Untuk merekonstruksi paradigma pendidikan dan keilmuan, buku ini menempatkan quran sebagai sumber utama, Quran dipandang punya metode sebagai sumber sains dan teknologi, monisme dan sistem pendidikan lslam yang holistik dan integrated (terpadu).

Bahasan utama kemudian fokus pada bagaimana sejarah awal terpisahnya sains dan teknologi dan quran yang mengakibatkan munculnya dalam lslam, serta bagaimana pengaruh dan egek yang ditimbulkannya. Masalah ini ditelaah secara detail dan akurat dengan pendekatan teologis, serta dukungan penelitian pustaka (Library Reserach), yang menekankan ‘sejarah komparatif’, yakini membandingkan faktor-faktor dari fenomena perkembangan faktor-faktor dari fenomena perkembangan sains dan teknologi dari quran sejak masa Rasulullah SAW hingga masa kini.

Menghubungkan kembali sains dan teknologi dengan quran untuk menghilangkan dikotomi ilmu dan dualisme pendidikan islam merupakan keharusan bahkan menjadi kewajiban-kewajiban semua umat lslam.

Maka diharapkan kepada para ilmuwan muslim kontemporer untuk meneliti lebih mendalam pandangan ini, sehingga generasi islam yang akan datang tidak kehilangan jejak dalam sejarah perkembangan sains dan teknologi yang valid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *